Selasa, 16 Agustus 2016

Tari Robiyah Sari Dari Purbalingga Berkompetisi Dalam Parade Tari Nusantara Ke 35



JAKARTA – wartaekspres.com - Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Parade Tari Nusantara ke 35 TMII Tahun 2016 mengirim kontingen dari Kabupaten Purbalingga dengan mengambil Judul Tari "Robiyah Sari" Parade Tari Nusantara kali ini dilaksanakan di Sasono Langen Budoyo TMII pada hari Sabtu, 20 Agustus 2016 mulai Pukul 09.00 WIB. Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah akan tampil pada Sesi III dimulai pada pukul 15.30 - 17.30 WIB dengan nomor urut penampilan 22.

Tari Robiyah Sari menurut Juniati, S.Pd, selaku Pencipta Tari mengisahkan, bahwa kisah dramatis dari Desa Makam, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, mengisahkan legenda abad ke 10, tentang kekecewaan Makdum Kusen kepada istrinya yaitu Robiyah Sari atau Pangeran Estri yang melanggar janji.
Kesetiaan Robiyah Sari yang takut kehilangan suami tercinta di medan perang, membuat Makdum Kusen marah karena Robiyah Sari sudah berjanji, agar tidak boleh ikut berperang, namun kenyataannya dilanggar.

Sehingga Makdum Kusen mengeluarkan sumpah, “Kelak jika meninggal tidak mau dimakamkam berdampingan namun harus terpisah,” dan kenyataannya sampai sekarang dipisahkan oleh sungai.

Tarian ini sarat akan filosofi serta budaya yang adiluhung. Banyak hal yang kita petik dari kisah ini sebagai pelajaran di kemudian hari, seperti kepatuhan, pemberani, rela berkorban, bekerja keras, menepati janji, hati-hati dalam bertindak, kasih sayang dan kerukunan.

Kontingen Parade Tari dari Kabupaten Purbalingga dipimpin langsung oleh Drs. Subeno, S.E, MM, selaku Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purbalingga.

Kabupaten Purbalingga mengirim sebanyak 25 orang seniman terbaik Purbalingga untuk berkompetisi dalam Parade Tari Nusantara ke 35 TMII tingkat Nasional.

Kali ini Kabupaten Purbalingga menampilkan Sanggar Tari Puri Beksa yang beralamat di Desa Penaruban 01 / 02, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, dengan para penarinya, Herdiana Tri Larasakti, Mentari Cahyaning W, Laras Orlenda, Mawar Puspita Rini, Widya Ninda Puspita, Tara Belinda, Widya Andita Yudha, Nadya Prameswari, Nadya Andita Yudha.

Parade Tari Nusantara TMII sudah dipergelarkan untuk ke 35 kalinya pada tahun 2016 ini. Penyelenggaraan Parade Tari Nusantara TMII bertujuan meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kualitas para seniman wati Indonesia, memperkenalkan, mempromosikan dan meyebarluaskan produk karya seni daerah, khususnya senitari garapan baru bernuansa tradisi khas daerah dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Koesdarminto mengajak warga Jawa Tengah dan warga Purbalingga di Jakarta, untuk datang langsung dan memberikan dukungan Kontingen Provinsi Jawa Tengah dalam Parade Tari Nusantara ke 35 TMII tahun 2016. (Nanggar/dedy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar