Minggu, 18 Oktober 2015

Baharudin: Pelatihan Kepala Sekolah Sebaiknya Dilaksanakan Setiap Tahun


BALIKPAPAN – wartaekspres.com - Meningkatkan mutu, pemahaman, serta menimba ilmu pengetahuan, 74 kepala sekolah unggulan di Kaltim telah usai mengikuti kegiatan pelatihan keprofesian berkelanjutan. Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari di Hotel Mega Lestari, Balikpapan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepala sekolah di bidang kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan, serta supervisi akademik.
 
Menurut Baharudin yang merupakan Kepala SD Bhayangkari, Balikpapan mengatakan, pelatihan kepala sekolah yang baru saja selesai dilaksanakan mempunyai tujuan yang sangat baik. Dimana setiap peserta dapat memperoleh ilmu dan wawasan yang nantinya bisa diaplikasikan di sekolah masing-masing.

”Kami sebagai salah satu peserta pelatihan kepala sekolah unggulan ikut merasakan betapa pentingnya dan manfaat yang didapat selama mengikuti pelatihan. Sehingga ilmu yang diperoleh nantinya bisa diaplikasikan di sekolah untuk dikembangkan,” ujarnya. 

Lebih lanjut dikatakan, bahwa pelatihan kepala sekolah seperti ini kalau bisa dilaksanakan setiap tahun dan kalau perlu dilakukan secara bergiliran, misalkan tahun ini pelaksaannya di Balikpapan tahun berikutnya di Bontang ataupun di Sangata.

“Kemudian setelah diadakan pelatihan, pihak Diknas Provinsi ada tindak lanjut pembinaan/kunjungan kepada setiap sekolah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan sekolah ungulan tersebut. Artinya jangan terhenti sampai di pelatihan tapi tindak lanjut pembinaannya tidak ada,”ujar Baharudin berharap.

Ditambahkan Baharudin yang memiliki segudang prestasi itu menerangkan, dengan diadakannya pelatihan kepala sekolah bisa dijadikan sebagai ajang diskusi, tukar pengalaman dan menimba ilmu.

Sehingga mampu meningkatkan kapasitas kepala sekolah unggulan khususnya dalam perencanaan program pembelajaran dan penyelenggaraan satuan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah dalam rangka implementasi kurikulum 2013.

”Kami berharap kepada Diknas Provinsi untuk pelatiahan kepala sekolah yang akan datang sebaiknya materinya lebih ditingkatkan dan diperbanyak,” kata Baharudin. (ktn)
Baca: wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar