Sabtu, 09 Januari 2016

Ribuan Masyarakat Memadati Sepanjang Jalan, Dalam Kirab Ageng Paku Alam X


YOGYAKARTA – wartaekspres.com -  Kirab Ageng Jumeneng Dalem Kanjeng Gusti Pangeran  Adipati Arya Paku Alam X, yang dilaksanakan siang tadi, Kamis (07/01/2016), pukul 14.00 WIB, berjalan aman dan sukses.

Ribuan masyarakat dari Yogyakarta dan sekitarnya, memenuhi sepanjang jalan yang akan dilewati Kirab Ageng,  semua itu dilakukan hanya ingin melihat langsung sosok Pangeran Arya, yang tadi pagi resmi dikukuhkan menjadi Paku Alam X.

Edi Sapto misalnya, dia datang jauh-jauh dari Magelang, cuma ingin melihat langsung Kirab Ageng tersebut.

“Saya datang dari Magelang ke sini, pengen melihat langsung Kereta Kencana, yang selama ini dikeramatkan,” ungkapnya saat diwawancarai wartaekspres.com di depan Kadipaten Pakualaman.

Enam Kereta Kencana di keluarkan dalam Kirab Ageng tersebut, yaitu kereta Kyai Manik Kumolo yang berumur dua abad, dinaiki oleh yang bertahta Paku Alam X, Kereta Rejo Pawoko (pinjaman dari Keraton Yogyakarta), Kereta Kyai Jolodoro (kereta baru), Kereta Rara Kumenyar, Kereta Kyai Brajanolo, dan Kereta Kyai Manik Brojo, masing-masing ditarik oleh 4 kuda.

Dalam Kirab Ageng tadi siang, enam Gajah dari Maraga Satwa Gembira Loka dikeluarkan, untuk mengawal acara tersebut,  yaitu Sibaya (32), Cempaka (25), Natasya (24), dan Gilang (17).

Kirab Ageng yang dilaksanakan siang hari,  menempuh jarak sekitar 3,5 km, setelah prosesi adat Jumeneng Dalem Paku Alam X tersebut diikuti 700 peserta, yang terdiri dari Marching Band UPN Yogyakarta, Drum Band AUU, Perguruan Silat, Banser, TNI, dan para Prajurit Kadipaten juga terlibat langsung.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar