Sabtu, 09 Januari 2016

29 Hari Buton Tengah Berhasil Dimekarkan


BUTON – wartaekspres.com – Mantan anggota DPRD dua periode, Abdul Hasan Mbou, tampak menunjukkan suara sumringah saat dimintai tanggapan terkait perjuangannya memekarkan wilayah Buton Tengah hingga bisa berdiri sendiri.

Ketua Pemuda Pacasila Sultra dan Ketua Tim Bravo 5 pemenangan Jokowi-Jk pasca Pilpres 2014 lalu mengatakan, secara prinsip wilayah Buton Tengah telah memenuhi semua unsure pemekaran, mulai dari sumber daya alam, sumber daya manusia, hasil pendapatan daerah, batasan luas wilayah dan semua hal terpenuhi secara Undang-undang Pemekaran Wilayah. Jadi apabila sebuah wilayah memenuhi semua aspek kemandirian, mereka niscaya diperkenankan mandiri tentunya.

“Kami memiliki pelabuhan, dan infrastruktur wilayah yang cukup untuk pemerintahan kabupaten. Bahkan di wilayah Mawasangka rencananya akan dibangun sebuah universitas,” terangnya melalui sambungan phone seluler pribadinya, Jumat, (8/1/16).

Selain itu, menurut Hasan Mbou, sebelumnya rencana pemekaran yang sempat dihalangi dan tidak disetujui oleh Bupati Buton dan stake holder pemerintah daerah lainnya, namun berkat perjuangan seluruh masyarakat yang ingin berdikari sendiri, akhirnya kami berhasil memperjuangkannya. Selama 29 hari, akhirnya proses pemekaran disetujui.

“Walau hasilnya belum memuaskan karena penentuan ibukota tidak sesuai dengan keputusan Gubernur Sultra, Nur Alam yang menyatakan Mawasangka keluar sebagai pemenang skooring penetapan dan menjadi ibukota dan faktanya pasca penetapan, Labungkari yang menjadi ibukota Buton Tengah, namun kebahagiaan akan hasil tetap terpancar,” ungkapnya.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar