Sabtu, 09 Januari 2016

Abdi Dalem Terpenting Di Kadipaten Pakualaman Yogyakarta


YOGYAKARTA – wartaekspres.com - Dalam acara Jumeneng Dalem Kanjeng Gusti Pangeran  Adipati Arya Paku Alam X, Kamis, (07/01/2016) lalu. Ternyata para Abdi Dalem berbaju putih ini, sangat penting perannya. Tidak hanya dalam Jumeneng Dalem saja, ternyata setiap ada acara apapun dalam Kadipaten Pakualaman, Abdi Dalem ini yang akan selalu datang lebih awal.

Suronggono, itulah namanya, Abdi Dalem ini khusus untuk keagamaan, tidak dalam Jumeneng Dalem saja dilibatkan, setiap acara sakral Kadipaten Pakualaman Yogyakarta, para Abdi Dalem yang berjumlah 22 orang pilihan ini selalu diprioritaskan.

Suronggono ada  beberapa tingkatan, yang pertama Magang, lalu Jajar Mas, kemudian naik Mas Bekel, dan Mas Lurah.

Saat wartaekspres.com mewawancarai salah satu anggota Suronggono, Mas Lurah  Bojo Rahardjo mengatakan, “ Suronnggono seharusnya berjumlah 40 orang, kenapa sekarang berjumlah hanya 22 orang, karena sulit untuk mencari orang yang benar-benar mampu menguasai keagamaan, apa lagi ini untuk Kadipaten Pakualaman, jadi tidak semua orang bisa menjadi Suronggono,“ jelasnya.

Setiap orang yang masuk dalam Suronggono, sudah mendapat tugas masing-masing, mulai  pembacaan ayat suci Alquran, sampai memimpin doa.

“Setiap orang yang masuk dalam Suronggono, sudah mempunyai tugas masing-masing, seperti pembacaan do’a awal pembukaan, pembacaan ayat suci Alqur’an, pembacaan do’a akhir, jadi orang yang masuk dalam Suronggono, harus bertanggung jawab penuh dengan tugasnya,” tambah Bojo Rahardjo. 

Baca di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar