Sabtu, 09 Januari 2016

Mengenal Sosok Paku Alam X


YOGYAKARTA – wartaekspres.com - K.G.P.A.A Paku Alam X lahir pada Sabtu Kliwon, 15 Desember 1962 atau dalam kalender Islam 18 Rejeb 1984 di Yogyakarta dengan nama Raden Mas Wijoseno Hario Bimo. Beliau anak dari KGPAA IX, dan mempunyai dua adik bernama R.M. Haryo Seno ( B.P.H Hariop Seno ) dan R.M. Hario Danardono Wijoyo ( B.P.H Hari Danardono Wijoyo ).

Paku Alam X, lulusan dari Fakultas Ekonomi UPN Veteran pada tahun 1989 dengan mengambil Jurusan Ekonomi Manajemen. Beliau juga aktif dalam sebuah paguyuban dan organisasi, seperti  sosial, budaya, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga mempunyai hobby otomotif, dan travelling.

Dalam perkawinannya dengan  B.R. Ayu Atika Suryodilogo. Beliau dikaruniai dua anak laki-laki, yaitu B.R.M.H Suryo Sri Bimantoro dan B.R.M.H Bhismo Srenggoro Kuntonugroho.

Paku Alam X diangkat PNS pada tahun 1991, saat bekerja di Dinas Tenaga Kerja Setwilda Yogyakarta saat berpangkat Pengangkat Muda.

Setelah itu, kariernya berlanjut menempati beberapa jabatan seperti Pengelola Sarana Kerja (1994), Pj Kepala Seksi Sarana Buruh dan Pekerja ( 1995), Kepala Seksi Pemberian Kerja (1999), Seksi Purna Kerja dan Sektor Informal (2002), Kepala Seksi Pelatihan, Standardisasi dan Sertifikasi (2003), Pj. Kabid Pendayagunaan Tenaga Kerja (2006), Kepala Bidang Investasi dan Pemasaran Potensi Wilayah (2008), Kepala Bidang Pemerintahan (2008), dan terakhir menjadi Kepala Biro Administrasi.

Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan dari 2011 sampai sekarang. Semua prestasi itu diraihnya tidak lepas dari ajaran Kakek dan Ayahandanya sewaktu kecil. Karena sebagai cucu pertama beliau dikenal sangat karib.

Melalui nasehat-nasehat Ayahandanya, Paku Alam X mempunyai sifat yang terbuka. Karena itu Kadipaten Pakualaman Yogyakarta selalu membuka diri dan memfasilitasi kegiatan kebudayaan dengan melibatkan masyarakat tanpa harus dipublikasikan. Tekad itu mendasari tema Jumenengan  dan rencana kerja KGPAA Paku Alam X.

Itulah sedikit riwayat Raden Mas Wijoseno Hario Bimo, yang sekarang telah resmi menjadi Paku Alam X, setelah hari Kamis, (07/01/2016) kemarin, diadakan acara Jumenengan di Kadipaten Pakualaman yang mengambil tema “Jumeneng Dalem Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X ”, di mana dalam acara tersebut disaksikan langsung oleh 1500 tamu undangan mulai dari pejabat, menteri sampai para paja. 

Baca juga di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar