Selasa, 05 Januari 2016

Penjabat Bupati Karawang Buka Konferensi Cabang Ke IX PMII Karawang


KARAWANG – wartaekspres.com - Generasi muda selalu dicatat sebagai pelaku penting dalam setiap perubahan sosial dan politik di republik ini. Di masa pemerintahan kolonial, generasi muda terdidik yang terafiliasi di dalam organisasi sosial, politik, ekonomi, dan keagamaan tampil menjadi leader, motivator, dan inspirator bagi tercapainya kesadaran nasional.

Pada masa orde lama, para pemuda ikut berusaha mempertahankan kesatuan Indonesia dari pengaruh dan dampak perang ideologi. Pada masa orde baru, generasi muda menjadi kekuatan kritis sekaligus berperan besar menjadi agen untuk penguatan kesadaran masyarakat dan menjadi aktor dalam membangun, memobilisasi, dan mengorganisir basis-basis gerakan untuk mengakhiri praktek politik otoritarianisme.

Dalam konteks tersebut, para pemuda senantiasa ikut ambil bagian dalam setiap proses perubahan politik. Di masa kini dan mendatang, peranan pemuda, sebagaimana yang terwadahi dalam organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, masih terus diharapkan. Namun dalam konteks reformasi, pergerakan mahasiswa tidak lagi sekedar menjadi kekuatan kritis untuk mengawal proses demokrasi, melainkan suatu kekuatan yang harus melahirkan para pemimpin bangsa, yang mampu membaca peluang dalam dunia global dan membawa Indonesia sebagai negara yang maju, memiliki daya saing, mandiri, sekaligus bermartabat.

Kaitannya dengan hal tersebut, Penjabat Bupati Karawang dalam sambutannya menyampaikan, bahwa mahasiswa adalah pemuda-pemudi bangsa dengan berbagai macam keunggulan. Mereka pula yang menjaga kestabilan negara, membawa inovasi dan perubahan, serta benih pemimpin unggul.

Bukti-nyata ada di hadapan kita, orde reformasi, demonstrasi positif, serta pemimpin-peminpin muda yang semuanya berkaitan erat dengan mahasiswa. Suatu bangsa yang kaya akan SDA apabila tidak ditunjang dengan SDM yang kuat, terdidik dan profesioanal akan didera berbagai permasalahan. Hal ini tentu juga menjadi salah satu tanggung jawab yang harus dibenahi oleh mahasiswa sebagai agen of change, social control, dan iron stock. Itulah kenapa peran mahasiswa sangat dibutuhkan bagi Indonesia.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar