Senin, 08 Agustus 2016

Paslon Gemas-Batu Menyerahkan Dukungan Ke KPU



SORONG – wartaekspres.com - Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Sorong dari perwakilan independent, DR. Natalsen Basna, S.Hut, MP dan Hadi Tuasikal, SH, MH didampingi tim suksesnya yang dikenal dengan nama Generasi Emas Basna-Tuasikal (Gemas-Batu) mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sorong, Senin 8/7 kemarin.

Dari pantauan media ini, rombongan yang terdiri dari kendaraan roda dua dan roda empat yang mengiringi pasangan calon walikota dan walikota perwakilan independen Basna dan Tuasikal keluar dari sekretariatnya di depan Bandara DEO Sorong menuju Kantor KPUD Kota Sorong.

Setelah tiba di Kantor KPUD Kota Sorong, pasangan Basna-Tuasikal langsung diterima oleh 5 komisioner KPU yang sebelumnya pasangan ini mengisi daftar hadir dilantai I kantor KPU yang terletak di jalan Sorong-Makbon, Kota Sorong.

Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua KPUD Kota Sorong, Aser Y. Rumanasen, S.Sos. Dalam sambutannya, Ketua KPUD Jota Sorong mengatakan, sesuai dengan Keputusan KPU tentang tahapan dan program telah tertulis, bahwa untuk tingkat kabupaten/kota dalam hal penyerahan dukungan pasangan calon independen mulai dari tanggal 6 – 10 Agustus 2016 pukul 16.00 (atau pukul 04.00 sore).

“Sekarang ini kita berada dalam jadwal penyerahan dukungan hingga tanggal 10 Agustus 2016 nanti yang mana KPU dan tim sukses akan melakukan penelitian data antara hard dan soft serta sesuai Keputusan KPU Kota Sorong bahwa dukungan untuk pasangan perseorangan adalah sebesar 16.999 yang tersebar dilebih 50 persen kecamatan/distrik yang ada di Kota Sorong dan harus dipenuhi oleh pasangan calon perseorangan,” terang Aser.

Lanjut Aser, apabila persyaratan tersebut terpenuhi maka akan dilanjutkan dengan tahapan verifikasi secara teknis dan kalau terpenuhi juga maka akan ditetapkan sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Sorong tahun 2017.

Setelah mendengar sambutan Ketua KPU, dilanjutkan dengan penyerahan berkas dukungan dari Pasangan Calon Basna-Tuasikal kepada KPU Kota Sorong yang diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Sorong, Aser Y. Rumanasen, S.Sos yang kemudian diserahkan kepada Ketua Kelompok Kerja (Pokja) dan dilanjutkan diserahkan kepada Koordinator Pokja yang kemudian di lakukan penelitian oleh Tim kerja dari KPU Kota Sorong dan Tim Sukses Gemas-Batu.

Hasil verifikasi administrasi jumlah minimum dan dukungan dan sebaran dukungan pasangan calon walikota dan wakil walikota DR. Natalsen Basna, S.Hut, MP dan Hadi Tuasikal, SH, MH adalah sebesar 2.748 pendukung dari yang diserahkan sebanyak 3.201 dan sebarannya hanya 1 distrik yakni Distrik Manoi, sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat. Maka KPUD Kota Sorong mengembalikan berkas tersebut untuk dilengkapi dan diberikan batas waktu hingga tanggal 10 Agustus 2016, pukul 16.00 (jam 4 sore) dibuktikan dengan penandatanganan berita acara yang ditandatangani oleh 5 komisioner KPUD Kota Sorong, yang salah satu berita acaranya diserahkan kepada pasangan calon.

Setelah menerima berita acara dari KPUD Kota Sorong pasangan calon Basna-Tuasikal dan rombongan tim sukses Gemas-Batu serta seluruh pendukung dan simpatisan membubarkan diri dengan malakukan konvoi menuju Grand Pasifik Hotel. (Jason)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar