Kamis, 19 November 2015

Pilkada Mamuju, Warning Untuk TNI-Polri


Maenunis Amin
MAMUJU – wartaekspres.com - Analis politik dan pemerintahan Sulbar, Maenunis Amin, mengingatkan stake holder Mamuju, untuk antisipatif terhadap potensi konflik pilkada skala massif bisa meletus di Pilkada Mamuju.
 
Maenunis menyebut dua indikator penting, bahwa indikasi rawan ditimbulkan dari dua hal; pertama, Isu yang dikampanyekan baik tim ataupun relawan sampai hari ini masih membawa suku, golongan ataupun konflik kepentingan dukungan.

"Sentimen kesukuan, ras ataupun golongan sangat sensitif. Para kandidat harus mampu lebih mendinginkan diri, tim ataupun relawannya untuk tidak provokatif," jelas Maenunis.

Dirinya juga menyebut kecurangan sebagai pemicu, "Pilkada Mamuju akan ketat dengan hasil akhir selisih tipis. Semua paslon saya rasa sudah memiliki data dan mengetahui bahwa hasil akhir akan ketat. Kondisi ini akan memotivasi kecurangan sangat mungkin dilakukan," imbuh analis yang juga pimpinan tabloid Sulbar Politika ini.

Maenunis mewarning KPU, Panwas dan keamanan untuk lebih proaktif, KPU dan Panwas harus lebih proaktif membenahi lembaganya sampai ke tingkat PPK dan PPS. Profesionalisme SDM harus mereka tunjukkan. Tidak boleh melemparka  kesalahan dengan dalih "human error" yang di luar kemampuan.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar