Senin, 23 November 2015

Silsilah Kemashuran Sang Maharaja Kutai Mulawarman


Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, 
Perjalanan Sejarah Kerajaan di Muara Kaman dari tahun 0017 Masehi dengan berdirinya Lembaga Kerajaan Kutai Mulawaraman di Kabupaten Kutai Kartanegara kembalinya Kerajaan Kutai Mulawarman sebagai Pewaris Budaya Kerajaan Tertua di Nusantara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dimulai dengan didaulatkannya Maharaja Kutai Mulawarman pada Upacara Adat Mulawarman, tanggal, 3 s/d 9 September 2002 di Muara Kaman dengan Dijenangkanya A. Iansyahrechza. F gelar Maharaja Srinala Praditha Alpiansyahrechza Fachlevie Wangsawarman bin Maskoer, gelar Maharaja Srinala Prabu Wangsa Warman.

Silsilah dimulainya Kerajaan Kutai kuno yang disebut Kerajaan Sagara Malaya di Tebalariung dari tahun 0017-0350 Masehi:
1.    Minak Puan Samburakai berputra Puan Minak Mampi.
2.    Puan Mampi beristerikan Puan Tahani berputrakan Puan Pihatu
3.    Puan Pihatu beristeri Puan Putri Tumbau melahirkan Puan Meretam
4.    Puan Meretam berputrakan Puan Tembayat
5.    Puan Tembayat berputrakan Puan Seredang dan Puan Seredang memiliki anak perempuan bernama Puan Putri Gamboh alias Puan Gabok yang diperisteri oleh Bangsawan Raja Cam bernama Cri Ga Dong Ga (Maharaja Sri Kudungga).

Silsilah Kerajaan Kutai beribukota di Martapura Muara Kaman dari tahun 350-1605:
1.    Mitrongga keturunan Warga Sungga Raja dari Negeri Magada (India Selatan sekarang), yang melahirkan Atwangga Raja Bakulapura (Kalimantan), yang berputrakan antara lain :
       - Maharaja Kundungga menjadi Raja Bakulapura di Naladwipa (Kalimantan sekarang).
       - Maharaja Selendra Radjendrawarman menjadi raja pertama di Negeri Perak di Campa (Kamboja sekarang).

2.    Atwangga adalah Raja Bakulapura (Kalimantan), anak Mitrongga keturunan Warga Sungga Raja dari Negeri Magada Kawin dengan kakak Permaisuri Dewawarman VII yang melahirkan Putri Spatikarnawa diperisteri oleh Dewawarman VIII (Prabu Dhrmawirya Dewawarman Salakabhuwana) melahirkan anak antara lain :
       - Mahaputri Dewi Minawati gelar Iswari Tunggal Pertiwi Warmandewi diperisteri Maharesi dari Wamsa Salankayana di Bharata Raja Tarumanegara I gelar Jaya Singawarman atau Guru Darmapurusa, yang melahirkan Purnawarman Raja Tarumanegara II.
       Adapun saudara Purnawarman satu ibu :
       -    Mahadewi Harinawarmandewi bersuami pedagang kaya di Bharata.
       -    Candrawarman menjadi Duta Kerajaan Tarumanegara di Kerajaan China.
       Adapun adiknya lain ibu antara lain :
       -    Sang Gajahwarman menjadi Duta Kerajaan Tarumanegara di Sumatera
       -    Sang Padmawarman Duta Kerajaan Tarumanegara Di Srilangka
       -    Sang Barunawarman menjadi Menteri Panglima Laut Tarumanegara
       -    Sang Sukretawarman menjadi Hakim Kerajaan Tarumanegara.
       Catatan : Dewawarman VII yang melahirkan Putri Spatikarnawa diperisteri oleh Dewawarman VIII (Prabu Dhrmawirya Dewawarman Salakabhuwana) melahirkan Maharaja Aswawarman saudara ibu Maharaja Purnawarman yang kawin dengan putri Kudungga Penghulu (Raja Bakulapura) di Kalimantan juga bersaudara dengan Mahaputri Dewi Indari dan Maharaja Dewawarman IX.
       Catatan : Bahwa Dewawarman VII bersaudara dengna Gopala Jayengrana dan Putri Gandhari Lengkaradewi putra putri dari Dewawarman VI yang kawin dengan Putri Dari Bharatanagari, adapun Dewawarman VII memperisteri seorang bernama Putri Candralocana, inilah nantinya akan menurunkan raja-raja di Pagaruyung Sumatera dan raja-raja Melayu di Jambi dan Malaysia.

Baca selebgkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar