Jumat, 27 November 2015

Perluasan Percetakan Sawah Baru di Kutai Kartanegara Perlu Selektif


Sumarlan KADISTAN Kukar (Gerbang Info Kukar)
TENGGARONG – wartaekspres.com - Keinginan menjadikan Kutai Kartanegara sebagai lumbung padi, seiring dengan  dukung kekayaan sumberdaya alam,  berupa hamparan lahan luas serta  sumber daya manusianya yang memadai.

Perluasan area tanam melalui percetakan sawah baru perlu  dilakukan setiap tahun oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan (Distan) dan Hortikultura Kutai Kartanegara dan harus dibarengi dengan pertambahan jumlah petani atau tenaga penggarap. Hal ini pernah disampaikan oleh Kepala Distan Sumarlan pada wartawan beberapa waktu lalu di Tenggarong.

Perluasan area tanam dengan mencetak sawah-sawah baru yang dimaksudkan, merupakan salah satu program yang dilakukan, dengan harapan dapat  meningkatkan angka produksi padi. Program percetakan sawah baru terus dilakukan, beberapa tahun terakir ini,  baik melalui pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) maupun melalui APBD Kutai Kartanegara.

Khusus untuk APBD Kabupaten Kutai Kartanegara, menurut Sumarlan, bahwa   program percetakan sawah ini tidak serta merta dilakukan tanpa melihat efektifitas dari lahan baru yang dicetak. Semisal  ketersediaan petani atau tenaga penggarapnya harus ada dan siap malaksanakan proram percetakan sawah baru tersebut.

Masih menurut Sumarlan, sekalipun kegiatan percetakan sawah baru ini merupakan aspirasi masyarakat petani, pihak Distan perlu untuk melihat lebih jelas di lapangan, mengingat terkadang kelompok yang mengusulkan percetakan sawah baru tersebut juga merupakan kelompok petani yang pernah mengusulkan percetakan sawah tahun sebelumnya, artinya, pertambahan luasan area tanam dan jumlah tenaga penggarap.

Sedangkan  program percetakan sawah baru yang diturunkan dari pembiayaan APBN, harus dilaksanakan kendatipun sudah ada pembiayaan dari APBD Kutai Kartanegara, karena sudah diprogramkan dari pusat, tentu hendaknya program tersebut disertai dengan penambahan jumlah petani penggarap. Hal ini dilakukan, agar sawah-sawah baru yang dicetak nantinya benar-benar memberikan manfaat dan berfungsi sebagaimana yang sudah di rencanakan.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar