Jumat, 01 Januari 2016

Sekilas Kaltim dan 10 Agenda Prioritas Pembangunan


KALTIM – wartaekspres.com - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan salah satu provinsi terluas, memiliki potensi sumber daya alam melimpah, dimana sebagian besar potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Sumber daya alam dan hasil-hasilnya sebagian besar diekspor ke luar negeri, sehingga provinsi ini merupakan penghasil devisa utama bagi negara, khususnya dari sektor pertambangan, kehutanan dan hasil lainnya.

Secara administratif, provinsi ini memiliki batas wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Negara Bagian Sabah Malaysia Timur, sebelah Timur berbatasan dengan sebagian (12 mil) Selat Makassar dan Laut Sulawesi, sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan, sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat serta Negara Bagian Serawak Malaysia Timur.

Kalimantan Timur memiliki luas wilayah daratan 198.441,17 km2 dan luas pengelolaan laut 10.216,57 km2 terletak antara 113º44’ Bujur Timur dan 119º00’ Bujur Timur serta diantara 4º24’ Lintang Utara dan 2º25’ Lintang Selatan.

Penduduk Kalimantan Timur tahun 2003 berjumlah 2.704.851 jiwa, tahun 2010 berdasarkan hasil sensus penduduk mencapai 3.553.143 jiwa. Dengan demikian dalam kurun waktu tersebut jumlah penduduk Kalimantan Timur meningkat sebesar 848.292 jiwa, dengan pertumbuhan penduduk setiap tahunnya rata-rata 3,82 persen. Adapun komposisi penduduk menurut jenis kelamin pada tahun 2010 terdiri dari penduduk laki-laki 1.871.690 jiwa (52,68%) dan penduduk perempuan 1.681.453 jiwa (47,32%).

Seiring dengan pelaksanaan otonomi daerah atas dasar Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, Provinsi Kalimantan Timur telah melakukan pemekaran wilayah administrasi pemerintahan hingga tahun 2007 Provinsi Kalimantan Timur telah berubah menjadi 14 kabupaten/kota masing-masing empat (4) kota dan sepuluh (10) kabupaten dengan 140 kecamatan dan 1.445 desa/kelurahan. Dengan memiliki 10 agenda prioritas pembangunan, antaranya:

10 Agenda Pembangunan Kalimantan Timur
1.      Atasi pengangguran, karena di Kaltim jumlah angkatan kerja, dengan jumlah lapangan pekerjaan masih belum seimbang.
2.      Pembangunan infrastruktur perekonomian, terutama jalan, jembatan dan pelabuhan. Jalan Trans Kalimantan perlu segera dituntaskan, begitu pula pembangunan jalan kabupaten/kota.
3.      Pelaksanaan komitmen untuk mengalokasikan biaya pendidikan sebesar 20 persen (di luar gaji dan kesejahteraan guru), pencanangan wajib belajar 12 tahun serta pendidikan gratis.
4.      Penanganan banjir yang melanda Kota Samarinda, Balikpapan, dan kota-kota lainnya, terutama sepanjang daerah aliran Sungai Mahakam.
5.      Pemberdayaan ekonomi rakyat semakin ditingkatkan, terutama memperhatikan pada sektor riil, sektor informal dan UKM. Begitu pula perlunya mengurangi keterbatasan akses permodalan.
6.      Peningkatan daya beli masyarakat dan peningkatan kesejahteraan PNS / TNI dan Polri.
7.      Penyelesaian krisis energi, mengurangi ketimpangan antara ketersediaan tenaga listrik dengan kebutuhan tenaga listrik.
8.      Kemandirian/kecukupan pangan dalam rangka ketahanan pangan.
9.      Pembangunan kawasan wilayah perbatasan, kawasan pedalaman dan daerah terpencil. Satu hal yang perlu terobosan khusus, mengingat tingkat kemajuan yang dicapai pada saat ini relatif lambat.
10.  Pertumbuhan ekonomi yang tinggi, dengan memperbaiki iklim investasi.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar