Selasa, 29 Desember 2015

RSUD Karawang Gelar Diskusi Panel Menuju Rumah Sakit Pendidikan Tahun 2018


KARAWANG – wartaekspres.com - Kesehatan merupakan salah satu bidang prioritas pembangunan di Indonesia, selain bidang pendidikan dan ekonomi kerakyatan. Bidang kesehatan pun memberi kontribusi yang signifikan dalam menentukan Indek Pembangunan Manusia (IPM).

Menurut WHO ada 4 komponen utama yang disebut dalam satu kesatuan pengertian sehat, yaitu sehat jasmani, mental, kesejahteraan sosial dan sehat secara spiritual. Tentu untuk mewujudkan manusia yang sehat sebagaimana yang diharapkan oleh WHO, RSUD harus terus berupaya meningkatkan jejaring kerja (Networking) dengan Stake Holder yang berperan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama instansi vertikal, Dinas Kesehatan dan mitra kerja RSUD seperti RS swasta, Puskesmas, Poliklinik  atau lembaga terkait.

Rumah sakit pendidikan adalah rumah sakit umum yang terkait dengan kegiatan penelitian dan pendidikan di fakultas kedokteran atau pendidikan yang kaitannya dengan kesehatan pada suatu universitas atau lembaga pendidikan tinggi.

Biasanya rumah sakit ini dipakai untuk pelatihan dokter-dokter muda, bidan ataupun tenaga medis lainnya, uji coba berbagai macam obat baru atau teknik pengobatan baru. Rumah sakit ini diselenggarakan oleh pihak universitas atau perguruan tinggi sebagai salah satu wujud pengabdian masyararakat atau Tri Dharma perguruan tinggi.

Berkaitan dengan hal itu, RSUD Karawang menyelenggarakan kegiatan diskusi bersama guna mempersiapkan RSUD Karawang menuju RSUD Pendidikan Tahun 2018. Acara ini digelar pada Senin (28/12) bertempat di Swiss Bell Hotel Karawang  Sekda Kabupaten Karawang, H Teddy Rusfendi secara resmi membuka kegiatan ini. Hadir pula Direktur RSUD Kabupaten Karawang beserta jajarannya, Rektor Unsika beserta jajarannya, Rektor UBP beserta jajarannya, serta seluruh Stake Holder di bidang kesehatan.
Diskusi Panel ini yang bertindak sebagai moderator yakni mahasiswa dari Unsika jurusan Ilmu Komunikasi, yang didaulat menjadi narasumber yakni antara lain Sekda Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi, Direktur RSUD Kelas B Non Pendidikan Kab Karawang dr.Asep H. Lukman terakhir Rektor Unsika Kab Karawang Prof Dr. H. Moh Wahyudin Zarkasyi.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi menyampaikan, bahwa pemerintah Kabupaten Karawang pada tahun 2016 akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah tipe C, karena pada saat ini RSUD yang ada sudah ditetapkan sebagai RSUD tipe B non pendidikan sebagai rujukan RSUD Regional di Provinsi Jawa Barat. Hal ini merupakan salah satu syarat untuk menjadi RSUD Pendidikan.
 
Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar