Rabu, 03 Agustus 2016

Pemkot Gunungsitoli Laksanakan Musrenbang RPJMD




GUNUNGSITOLI - wartaekspres.com - Pemerintah Kota Gunungsitoli laksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Kota Gunungsitoli tahun 2016-2021 di Aula Samaeri lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Sumatera Utara, pada hari Selasa. (02/08).

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Gunungsitoli tersebut untuk membuat perubahan, baik insfraktuktur mau pun pembangunan lainnya.

Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 2 - 3 Agustus 2016 dengan Narasumber Dr. Edison Hulu, ME,  Dr. Ir. Riadil Akhir Lubis, M.Si, dan Dr. Sadieli Telaumbanua, M.Pd.

Beberapa hal yang dibicarakan diantaranya mengenai Tantangan dan Peluang Perekonomian terhadap peningkatan dan berkeadilan Perekonomian Kota Gunungsitoli yang "Maju Nyaman Dan Berdaya Saing".

Strategi pengembangan wilayah melalui optimalisasi konektivitas jaringan infrastruktur strategis dan kewilayahan menuju Kota Gunungsitoli yang "Maju Nyaman Dan Berdaya Saing".

Dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pengembangan layanan pendidikan yang bermutu secara merata menuju Kota Gunungsitoli yang "Maju Nyaman Dan Berdaya Saing".

Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Herman Jaya Harefa, S.Pd.K, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa DPRD Kota Gunungsitoli menyambut baik atas penyelenggaraan kegiatan Musrenbang RPJMD ini, melalui musyawarah ini diharapkan dapat tercipta suatu proses keselarasan, klarifikasi dan kesepakatan.

Dalam perencanaan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah yang bertujuan untuk mendapatkan kebijakan pemerintah dalam rangka menciptakan upaya-upaya strategis yang disinergikan dalam pembangunan daerah Kota Gunungsitoli.

“Seluruh peserta, agar dapat berkontribusi positif dalam penyelengaraan kegiatan ini,” ucap Ketua DPRD Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.Pd.K.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, ditandai dengan pemukulan Gong secara resmi dengan didampingi unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli.

Dalam arahannya menyampaikan, bahwa pembangunan sebagai upaya berkelanjutan pada hakekatnya merupakan suatu proses yang membutuhkan tata rencana yang sistematis dalam mengarahkan perubahan positif sebagaimana tujuan pembangunan itu sendiri dan kebutuhan dokumen perencanaan pembangunan bagi setiap daerah ini merupakan kewajiban yang tidak dapat ditunda dan mendesak untuk dilaksanakan.

“Orientasi perencanaan mengalami pergeseran makna, yang semula hanya sebagai bagian daripada proses administratif secara substansial bergeser menjadi bagian pokok dan penting dari proses perumusan kebijakan,” kata walikota.

Dikatakan lagi Walikota Gunungsitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, bahwa sejalan dengan amanat dan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada pasal 260 ayat (1) yang menyatakan, bahwa Daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana Pembangunan Daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan Nasional.

Maka kebutuhan pembangunan daerah dipikirkan dan dirancang jauh sebelumnya, yang mana pembangunan daerah di Kota Gunungsitoli bagian integral dan konstelasi pembangunan Nasional, sangat membutuhkan berbagai dokumen perencanaan pembangunan yang terintegrasi dengan dokumen perencanaan strategis lainnya, baik sifatnya dokumen perencanaan pada tataran makro maupun pada tataran sektoral.

Lebih lanjut Walikota Gunungsitoli berharap, agar pembangunan daerah ini merupakan salah satu prioritas dalam peningkatan kemajuan Kota Gunungsitoli, termasuk dari segi kepariwisataan dan pembenahan jasa pelayanan yang dibutuhkan wisatawan dalam kunjungannya di Kepulauan Nias dan Kota Gunungsitoli sebagai pintu gerbang sekaligus wajah Kepulauan Nias itu sendiri, seharusnya kita mempersiapkan diri dalam pembenahan dan peningkatan pembangunan di Kota Gunungsitoli "Maju dan Berdaya Saing", tutur Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua.

Turut hadir Pimpinan dan anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Perwakilan BAPPEDA dari Provinsi Sumatera Utara, Sekda Kota Gunungsitoli, para narasumber, Staf Ahli Walikota, para asisten, Sekda, Ketua TP-PKK Kota Gunungsitoli, Ketua DWP Kota Gunungsitoli, Pimpinan PerguruanTinggi dan Instansi Vertikal, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, pernonil Polres Nias, anggota Kodim 0213 Nias, anggota Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Kabag Humas Kota Gunungsitoli, para camat, lurah, kades, tokoh masyarakat, beserta undangan lainnya. (Kevin Larosa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar