Selasa, 02 Agustus 2016

Asisten Adminsitrasi Melepas Mahasiswa KKN Unsika Tahun Akademik 2015/2016




KARAWANG - wartaekspres.com - Guna mengukur kemampuan dalam memadukan teori akademis dan keadaan yang sebenarnya di lapangan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Unsika melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun Akademik 2015/2016 yang dilepas secara langsung oleh Asisten Administrasi Setda Kabupaten Karawang bertempat di Plaza Pemkab Karawang, pada hari Senin (1/8).

Bupati Karawang dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi menyampaikan, bahwa upaya pembelajaran dan pemberdayaan kepada masyarakat melalui program yang telah disiapkan sesuai dengan dinamika, karakteristik dan perkembangan masyarakat setempat dan juga menggali potensi yang ada untuk dapat dikembangkan untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat.

Selain mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman, KNM juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian.

“Kalian dapat berinteraksi dengan lingkungan dan mengembangkan setiap potensi dan aspirasi masyarakat yang memiliki manfaat bagi pengembangan kreativitas dan kemandirian masyarakat itu sendiri, agar dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan”, lanjutnya.

Bupati Karawang menyampaikan harapan kepada seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN, agar memberikan perubahan yang berarti bagi peningkatan wawasan dan pengetahuan masyarakat baik dalam konteks pemberdayaan pada bidang sosial, ekonomi dan budaya maupun etika dan estetika hidup.

“Inilah tantangan dan proses yang harus kita lalui bersama, dan saya yakin kita akan bisa mewujudkannya apabila mau berkontribusi dengan potensi dan kemampuan yang kita miliki atas dasar semangat pengabdian, kepedulian dan ibadah,” pungkasnya.

Sementara Rektor Unsika Prof. Dr. H. M. Wahyudin Zarkasyi, CPA menyatakan, bahwa pendidikan itu proses pembentukan sikap atau karakter dari berbagai sumber, yaitu Illahiah atau keagamaan, kondisikasi ilmu pengetahuan dan teknologi, kesepakatan kita mendirikan negara, dan berdasarkan kearifan lokal.

Pada Kesempatan tersebut hadir Rektor Unsika Prof. Dr. H. M. Wahyudin Zarkasyi, CPA beserta para Dosen Pembimbing Lapangan, para Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Karawang.

Sekitar 2.402 mahasiswa semester VII dari berbagai program studi dan 95 Dosen Pembingbing akan disebar di 95 desa yang berada pada wilayah 9 kecamatan, yaitu Kecamatan Rawamerta, Kutawaluya, Pedes, Jayakerta, Tirtajaya, Cilebar, Cibuaya, Batujaya, dan Pakisjaya.

Pelaksanaan KKN ini berlangsung terhitung tanggal 01 Desember 2016 sampai 01 September 2016, dengan program kegiatan Program Umum meliputi pendataan dan pemetaan serta pengembangan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya), serta Program Khusus meliputi kegiatan yang bersifat fakultatif sesuai program studi masing-masing. (Red/Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar