Rabu, 03 Agustus 2016

Bupati Karawang Lantik Pengurus Dekranasda Kabupaten Karawang




KARAWANG – wartaekspres.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Karawang merupakan organisasi non pemerintah sebagai mitra kerja pemerintah, mempunyai misi untuk melestarikan nilai–nilai budaya bangsa berupa produk kerajinan melalui program kegiatan pembinaan, pelatihan dan pemasaran/promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan dalam berbagai even pameran baik dalam maupun luar negeri.

Guna mewujudkan hal tersebut, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana melantik secara resmi kepengurusan Dekranasda Kabupaten Karawang masa bakti 2016-2021 yang dihadiri oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Karawang Hj. Ida Suhida Zamakhsyari, bertempat di Aula Husni Hamid Pemkab Karawang, pada Rabu (3/8).

Dalam sambutannya, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana menyampaikan, bahwa apabila berbicara potensi daerah, tentunya harus mengetahui dan paham mengenai apa saja potensi yang dimiliki dimasing-masing daerah. Apalagi 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat memiliki ciri khasnya masing-masing.

“Karawang juga harus memiliki potensi-potensi yang bisa menjadi unggulan buat Karawang itu sendiri,” ungkap Cellica.

Potensi tersebut bisa terlihat seperti di Kecamatan Cikampek, memproduksi kerajinan boneka terbesar di kawasan Asia Tenggara, Desa Walahar memproduksi kerajinan tas dari eceng gondok, Kedungwaringin memproduksi kerajinan anyaman dari bambu.

Selanjutnya, Bupati Karawang menginginkan potensi yang ada di Kabupaten Karawang bisa go nasional, agar bisa dinikmati dan disukai masyarakat yang bukan hanya orang Karawang saja tetapi memiliki nilai manfaat bagi masyarakat diseluruh Indonesia. Hal tersebut bisa tercapai dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

“Dengan mengangkat budaya kearifan lokal yang ada serta potensi yang dimiliki. Tentunya Dekranasda yang sudah dilantik ini harus mampu menjadi pion-pion penggerak agar Kabupaten Karawang bisa dikenal di dunia Nasional,” pungkas Cellica

Sejalan dengan hal tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Karawang Hj. Ida Suhaida Zamakhsyari menyampaikan kepada seluruh pengurus dan anggota Dekranasda Kabupaten Karawang untuk malakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin, bahkan kalau memungkinkan harus melakukan proteksi terhadap karya-karya pengrajin dengan terus mensosialisakan selogan Mencintai Produk Dalam Negeri” kepada seluruh masyarakat, agar produk-produk kerajinan masyarakat tidak menjadi “tamu” di daerahnya sendiri. (Red/Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar