Kamis, 03 Desember 2015

Jeram Mahulu, Wisata Unggulan Mahakam



MAHAKAM ULU – wartaekspres.com -  Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki panjang 920 km dengan lebar antara 100 hingga 500 meter melintasi  Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat dan Mahakam Ulu.


Dimana pada bagian hulu sungai utama Mahakam yaitu di kawasan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) banyak terdapat jeram-jeram (riam) yang berjumlah 23 jeram yang tersebar di sepanjang 50 km.




Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas wisata yang sifatnya menantang sangat mengasyikan sekali bila menelusuri Sungai Mahakam di bagian hulu ini. Utamanya untuk mencapai jeram-jeram tersebut dengan menggunakan Long Boat.




Ditempuh melalui jalur darat dari Kota Samarinda setidaknya diperlukan waktu selama tiga hari. Jika menggunakan pesawat dari Bandara Temindung Samarinda, waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam menuju Bandara Datah Dawai di Desa Long Lunuk, Kecamatan Long Pahangai.




Sementara dari Bandara Datah Dawai dilanjutkan menyusuri Sungai Mahakam sampai ke arah hulu dengan dengan gemuruh suara air sungai yang dingin. Melalui kelokan-kelokan bebatuan jeram serta pemandangan alam berupa hutan, pegunungan dan tebing bebatuan yang sangat alami.




Jeram atau riam hanyalah salah satu dari sekian banyak potensi kepariwisataan yang dimiliki Mahulu. Diantaranya, air terjun yang juga ternyata menjadi objek wisata alam unggulan kabupaten termuda di Kaltim itu.




Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar