Selasa, 03 November 2015

Majene Masuk Zona Rawan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami


Pelaksana Tugas Kepala BPBD Sulbar, Darwin Jusuf bersama Kabid Pencegahan BPBD Majene, serta Tim Widyasuara BNPB Pusat Jakarta pada Konferensi Pers terkait Potensi Gempa dan Tsunami di Majene.
MAJENE – wartaekspres.com - Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat ditetapkan sebagai salah satu wilayah yang masuk zona rawan bencana gempa bumi dan gelombang tsunami oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Pusat Jakarta. Hal ini diungkap oleh Pelaksana tugas Kepala BPBD Provinsi Sulbar, Darwin Jusuf, pada Konfrensi Pers, Selasa (3/11/2015) di Aula Wisma B' Nusabilah Lembang Majene.
 
Kata Darwin, masuknya Majene ke dalam zona rawan bencana gempa dan gelombang tsunami, disebabkan oleh adanya sejumlah patahan di bawah laut perairan kabupaten ini.

"Kalau kita melihat, sebetulnya semua wilayah di Sulawesi punya potensi rawan bencana gempa yang kemudian disusul tsunami, hal ini karena adanya sejumlah patahan di wilayah Sulawesi. Pusatnya adalah patahan Palu Koro, di Sulawesi Tengah. Untuk Sulbar, kita lihat posisi Majene dan Mamuju yang paling dekat ke laut, hal ini yang menyebabkan rawan terhadap tsunami," sebut Darwin Jusuf.

Darwin juga mengatakan, di Kabupaten Majene sudah pernah dilandah gempa bumi dan gelombang tsunami dengan kekuatan yang cukup tinggi, yakni terjadi pada tahun 1969, dan hal ini perlu menjadi referensi untuk senantiasa mawas diri serta berupaya mengantisifasi kemungkinan buruk yang kapan saja bisa terjadi.

Karena itu, pihaknya berharap, agar warga masyarakat Majene dan Sulbar pada umumnya ikut serta berpartisifasi dalam kegiatan-kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan terjadinya hal yang tidak diinginkan itu.

Di tempat yang sama Kepala Bidang Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Majene, Suadi mengatakan, pihaknya akan senantiasa berupaya untuk dapat mengajak masyarakat ikut aktif dalam pencegahan terjadinya bencana di daerah ini.
Saudi berharap, lewat program master plan tsunami yang dicanangkan BNPB tersebut biasa dimanfaatkan dengan baik, agar tercipta kesadaran masyarakat di daerah ini.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar