Minggu, 01 November 2015

DAS Tondano Jadi Lautan Sampah


DAS Tondano di Kecamatan Singkil, dipenuhi sampah Sabtu (31/10). (Foto: Radar Manado)

MANADO – wartaekspres.com – Curah hujan tinggi mulai terjadi di Kota Manado, mengakibatkan Daerah Sungai (DAS) Tondano, di Kecamatan Singkil, menjadi lautan sampah, sekira pukul 13.30 WITA, Sabtu pekan lalu.

Kejadian ini pun mulai mewarning warga Manado untuk waspada. Terlebih untuk terhadap kemungkinan banjir. Pantauan dan informasi koran ini, air sungai berubah warna kehitam-hitaman. Kemudian, DAS Tondano dipenuhi sampah plastik dan ikan mati.

Kejadian itu menarik perhatian warga untuk berbondong-bondong melihat ikan mati dan banyaknya sampah di sungai. “Ini aneh, kami kaget melihat ikan-ikan mati, dan airnya juga sudah menjadi warna hitam,” kata Ronny Daud, warga Singkil.

Lanjutnya, kemungkinan besar air sudah tercemar dengan limbah oli pelumas kendaraan. Karena, ketika dicek airnya berminyak. Kalau sampah mungkin bukan hanya berasal dari Manado.

“Mungkin saja, bisa juga dari daerah luar. Ya, kejadian ini memang membuat mata orang terbuka. Akibat dari buang sampah sembarangan, sungai menjadi kotor. Dan itu juga akan mengalir ke laut,” katanya.

Kejadian ini, katanya membuat warga berbondong-bondong ingin melihat bahkan menangkap ikan yang mati. “Ada ikan mujair yang mati. Karena belum lama kejadiannya, membuat warga langsung mengambil dari sungai,” katanya.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar