Rabu, 04 November 2015

Anwar Temukan Goa Jepang Bersejarah Di Bawah Rumahnya


Anwar Darmawan (61) mengenakan lampu penerangan (head lamp) di dalam goa yang diduga peninggalan tentara Jepang

SAMARINDA – wartaekspres.com - Beberapa hari terakhir ini warga Samarinda dihebohkan dengan penemuan goa sarat sejarah di bawah rumah warga. Goa tersebut pun diduga erat kaitannya dengan zaman penjajahan dulu. Sebagian warga meyakini jika goa tersebut merupakan peninggalan zaman penjajahan Jepang.

Bagi warga sekitar, goa tersebut bukan barang baru lagi, karena sejak puluhan tahun lalu, warga asli yang tinggal di dekat goa tersebut, sudah mengetahui keberadaan goa itu. Namun, karena perkembangan zaman untuk keperluan permukiman, warga pun menutup goa itu, agar dapat membangun rumah di atasnya.

Seakan tidak ingin dilupakan keberadaannya, goa itu pun seperti menunjukkan eksistensinya. Pasalnya bangunan rumah yang menguruk goa tersebut, perlahan-lahan mengalami keretakan.

Hal itu pun sudah disadari pemilik rumah, yakni Anwar Darmawan (61) yang tinggal di atas goa tersebut sejak puluhan tahun silam, yang beralamat di Jalan RE Martadinata, Gang Wahyu RT. 2 No 29, Teluk Lerong, Samarinda Ulu.

"Supaya tidak membesar retakannya, saya bongkar saja, tepat di kamar saya ini, jalan masuk goa," tuturnya, Rabu (4/11/2015).

Ia tidak khawatir dampak penemuan goa dan tetap ingin tinggal meskipun goa berada di bawah lantai kamar rumahnya. 

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar