Jumat, 25 Desember 2015

Upacara Sekaten Kraton Solo Dipadati Ribuan Warga


SOLO -  wartaekspres.com - Untuk menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW, Keraton Solo mengadakan acara Grebeg Mulud atau masyarakat menyebutnya Sekaten. Acara yang rutin digelar setiap tahunnya oleh Keraton Surakarta tersebut, sudah  ada sejak dahulu, hingga sekarang Sekatenan selalu diselenggarakan untuk masyarakat.

Acara yang dikhususkan untuk peringatan hari Maulud Nabi ini ditandai dengan dikeluarkannya dua perangkat gamelan milik Kraton Solo, yakni Gamelan Kyai Guntur Madu dan Kyai Gunung Sari, yang kemudian diletakkan di serambi kanan dan kiri dalam kompleks Masjid Agung Surakarta.

Awal Sekaten ditandai dengan ditabuhnya dua gamelan pusaka tersebut usai sholat Dzuhur secara begiliran atau prosesi upacara Ungeling Gangsa yang sudah dilangsungkan pada (17/12) lalu.

Suara pertama kali gamelan ditabuh, masyarakat Solo meyakini, di saat itu harus mengunyah sirih, yang menurutnya konon bisa membuat awet muda, dan juga panjang umur.

Saat dikeluarkannya dua gunungan, yakni Gunungan Jaler yang artinya laki-laki dan Estri yang artinya istri, menandakan puncaknya acara Sekaten sebagai peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya gunungan dikirab dari dalam Kraton untuk dibawa ke Masjid Agung  lalu didoakan, sebelum akhirnya dibagikan ke masyarakat yang sudah lama menunggu. Karena dipercaya siapa yang mendapatkan gunungan tersebut, akan mendapatkan berkah dan rejekinya akan berlimpah.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar