Jumat, 25 Desember 2015

Kodam I/BB Buat Program Inovasi Persawahan Semi Organik Dengan Mekanisasi Modern


MEDAN – wartaekspres.com - Kodam I/BB pada Rabu (23/12) telah menanam Perdana Padi Veritas Kartika 1-82 di lahan Demplot Area Pajale seluas 106 Ha di Desa Ramunia, Kabupaten Deli Serdang bersama Mentan dan Kasad serta Kodim 0204 DS.

Lahan ini milik Kodam I/Bukit Barisan yang sudah pernah jadi sawah seluas 30 Ha tetapi 2 tahun lalu jadi lahan tidur. Sekarang diolah dan dicetak lagi jadi sawah, Dempolt area ini istimewa, karena menggunakan pola semi organik dengan mekanisasi modern untuk meningkatkan produksi.

Pola tersebut menggunakan bibit Kartika 1-82 yang diberikan nama oleh Panglima TNI dan bibit lainnya. Selain untuk peningkatan produksi pangan lahan Demplot area ini juga sekaligus uji coba pola semi organik, sebagai tempat pelatihan para Babinsa, Kelompok Tani dan kalangan pertanian lainnya, termasuk akademisi dan perguruan tinggi.

Lahan Demplot area ini baru pertama kali dilakukan di lingkungan TNI AD, biasanya lahan Demplot paling banyak 5 Ha, tetapi ini seluas 106 Ha, membuat Kasad dan Mentan sangat berapreasiasi dengan kegiatan ini.

Lahan dibuat luasan perkotak 1 Ha untuk memaksimalkan peralatan yang digunakan Alsintan Modern yang selama ini belum optimal digunakan oleh Kementan RI, hanya terkesan seremonial saja pemakaian Alsintan tersebut, karena alat ini hanya bisa dipakai pada Demplot-demplot dengan lahan besar, tetapi para petani hanya mempunyai lahan-lahan tidak begitu luas (petakan kecil).

Ketua Umum PWRI Suriyanto Prawiro Dirjo, MH mangatakan,  bahwa lahan percontohan yang dilakukan oleh TNI di Lokasi Demplot Area Pajale seluas 106 Ha di Desa Ramunia, Kabupaten Deli Serdang patut dijadikan contoh kerjasama antara Kementan RI dengan TNI AD di seluruh lahan pertanian di Indonesia.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar