Rabu, 23 Desember 2015

PWI Gelar Konferensi Wilayah Perwakilan Kabupaten Karawang


KARAWANG – wartaekspres.com - Pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini, berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia dapat diakses dengan cepat, informasi apapun bisa ditemukan melalui penelusuran di dunia maya.

Dengan pesatnya tekonologi dan informasi tersebut menjadikan dunia jurnalistik dalam lingkungan nasional, regional maupun internasional saat ini memegang peran yang sangat strategis dalam kehidupan sosial, budaya, politik, dan ekonomi.

Jurnalistik sebagai media informasi pendidikan, hiburan maupun untuk meningkatkan kecerdasaan dan daya kritis masyarakat dalam memberikan kontrol sosial, serta mampu mendorong terciptanya rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang makin erat melalu berbagai informasi yang disajikan oleh media cetak maupun media elektronik, bahkan media online.

Dalam sambutan tertulisnya, Plt. Bupati Karawang yang dibacakan oleh Asisten Pembangunan Hadis Herdiana menyampaikan, bahwa di era keterbukaan informasi ini tentu semua boleh menyajikan berbagai berita selain yang dikecualikan dalam UU Keterbukaan Informasi Publik No. 14 Tahun 2008.

Lanjutnya, jurnalis tentunya harus selalu berpegang pada Asas Jurnalistik yaitu Asas Demokratis, Asas Profesionalitas, Asas Moralitas dan Asas Supremasi Hukum serta UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers Kode Etik Jurnalistik khususnya dalam pasal 3 ditegaskan bahwa wartawan Indonesia menguji informasi, memberitakan secara seimbang tidak mencampuradukan fakta dan opini yang menghakimi serta menerapkan asas praduga tak bersalah.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar