Senin, 26 Oktober 2015

Untuk Kawasan Wisata, Nias Pelu Grand Design Pembangunan


Marinus Gea. Foto: IndoNias

JAKARTA – wartaekspres.com – Untuk daerah tujuan wisata terkenal, Nias memiliki potensi sangat besar, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dalam membangun Nias harus melalui program pembangunan berskala nasional, tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri oleh kabupaten dan kota yang ada di sana. Sebab pasti terkendala dalam anggaran pembangunan yang terbatas.

Demikian dikatakan anggota Komisi I DPR-RI yang juga Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Marinus Gea, SE, M.Ak, kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Bisa saja kabupaten dan kota yang ada di Kepulauan Nias membangun sesuai selera masing-masing, tapi hasilnya pasti terbatas. Sementara kalau dibuat grand design oleh lima kepala daerah yang ada, dan grand design itu saling terkait antara satu daerah dengan lainnya, maka akan menjadi program pembangunan nasional, sehingga alokasi dana pembangunan dari pemerintah pusat bisa lebih besar,” ujarnya.

Lebih lanjut Marinus menjelaskan, maksud dari grand design atau kerangka besar pembangunan yang saling terkait antara satu daerah dengan daerah lainnya. Dia mencontohkan Pulau Bali yang sejak lama menjadi destinasi wisata dunia.

Menurutnya, pariwisata Pulau Bali bisa maju pesat karena pembangunannya berwawasan jauh ke depan. Beragam obyek wisata tersebar di seluruh Bali dengan ciri khas masing-masing, sehingga wisatawan “dipaksa” untuk berkeliling Bali jika ingin melihat obyek-obyek wisata itu.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar