Rabu, 28 Oktober 2015

Jelajah Candi-candi di Dataran Tinggi Dieng, “Negeri Para Dewa” di Jawa Tengah


Candi Arjuna saat malam hari. (Tribun Jateng)
DIENG – wartaekspres.com - Sorotan lampu warna putih dan kepulan kabut yang menyelimuti Candi Dieng pada malam hari di menjadi obyek menarik bagi para juru foto untuk mengabadikan keindahan candi tertua di Pulau Jawa ini. Kawasan Candi Dieng terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Lokasi candi ini bertempat di perbatasan Kabupaten Wonosobo dengan Banjarnegara, di Dusun Dieng, Kelurahan Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jateng.
 
Kumpulan candi Hindu beraliran Syiwa yang berdiri di tanah memanjang arah utara selatan sekitar 1900 meter dengan lebar sepanjang 800 meter ini diperkirakan dibangun antara akhir abad ke 8 sampai awal abad ke 9. Ada sebuah prasasti berangka tahun 808 Masehi, yang merupakan prasasti tertua bertuliskan huruf Jawa kuno.

Di daerah yang dijuluki Negeri Kahyangan ini, selain Candi Arjuna juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi dan Candi Gatotkaca yang semua terdapat pada satu lokasi.

Kelompok Arjuna terletak di tengah kawasan Candi Dieng, terdiri atas 4 candi yang berderet memanjang arah utara selatan.

Candi Arjuna berada di ujung selatan, kemudian berturut turut ke arah utara adalah Candi Srikandi, Candi Sembadra dan Candi Puntadewa.

baca selengkapnya www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar