Kamis, 17 Desember 2015

Rapat Pleno KPUD Nias Diwarnai Aksi Protes dan Wolk Out


NIAS – wartaekspres.com - Rapat Pleno rekapitulasi terbuka penetapan hasil penghitungan suara calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Nias, Sumatera Utara, Rabu (16/12), diwarnai aksi protes dan wolk out dari salah satu pasangan colon.

Aksi protes disertai wolk out dari ruangan rapat ini dilakukan sejumlah saksi pasangan dari jalur independen, yakni Faigiasa Bawaminewi dan Bazatulo Gulo (Fa’atulo). Saksi pasangan nomor urut satu ini menuding jika Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK), melakukan kecurangan.

Tudingan yang belakangan mereka lemparkan terhadap PPK tersebut menyusul rusaknya segel dari gembok dan kunci kotak suara sebelum dilakukan rekapitulasi akhir di tingkat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Nias.

Kepada wartaekspres.com, Yanuari Zebua, saksi pasangan calon (Fa’atulo) menuturkan, bahwa dugaan kecurangan di tingkat PPK terjadi di Kecamatan Sogeadu dan Kecamatan Hiliserangakai.

“Dengan tidak tersegelnya gembok dan kunci kotak suara dari dua kecamatan tersebut, maka kami dapat menduga telah terjadi kecuarangan,” demikian ungkapnya.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar