Senin, 14 Desember 2015

Dan Ramil Kebayoran Lama : Operasi Tebang Tebas Bantaran Kali Pesanggrahan


JAKARTA – wartaekspres.com – Sebagai wujud pelaksanaan Program Kali Bersih dan Sehat agar terhindar dari bahaya banjir di musim hujan, dimana telah disepakati kerjasamanya, antara pihak Kodam Jaya dengan Pemprov DKI Jakarta.

Jajaran Koramil Kebayoran Lama, yang masuk lingkup wilayah Kodim 0504 Jakarta Selatan, sejak Kamis, 10 Desember 2015 lalu, sudah melaksanakan Operasi Tebang Tebas atas tanaman liar yang tumbuh di bantaran Kali Pesanggrahan, Kecamatan Bintaro, Jakarta Selatan, dengan pola Padat Karya, sehingga bisa memberikan lapangan kerja kepada warga penghuni di sekitar bantaran Kali Pesanggrahan, khususnya, di lingkungn kawasan IKPN.

Dan Ramil Kebayoran Lama Mayor Kundorimenjelaskan, bahwa, guna mencegah bencana banjir di muimh ujan yang mulai turun akhir-akhir ini, berbagai jenis tanaman liar, seperti semak belukar, maupun pohon-pohon tanaman keras yang tumbuh di atas tanah endapan, di sepanjang bantaran Kali Pesanggrahan, atau tanaman buah-buahan yang disengaja ditanam oleh warga, untuk diambil hasil panennya, termasuk pemanfaatan tanah endapan di pinggiran sungai sebagai lokasi tempat beternak ayam, kambing dan sebagainya.

Seluruhnya ditertibkan, ditebang tebas hingga bersih, agar tidak mengganggu aliran sungai, karena sampah yang terbawa air sungai bisa tersangkut di sana, sehingga menyebabkan air jadi meluap, akibat terhalang sampah yang tersangkut, paparnya saat bertemu wartaekspres.com di rumah H. Kemas Ola, Pembina Mitra, Ormas binaan Kodam  Jaya di wilayah Koramil Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (13/12/2015).

Target capaian Operasi Tebang Tebas tersebut, sekitar 1.000 meter, terbagai dua sisi bantaran sungai, masing-masing 500 meter. Setiap hari, mengerahkan 30 orang warga sekitar sungai, untuk bekerja melakukan Tebang Tebas di pinggiran bantaran sungai, dengan honor Rp 100.000,- per orang per harinya.
Masa pelaksanaan 10 hari, dengan waktu kerja setiap harinya kurang lebih 8 jam, mulai pukul 08.00sampai dengan pukul 16.00. Sedangkan pada hari Minggu, kegiatan diliburkan.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar