Kamis, 15 Oktober 2015

Video Profil Paslon No. Urut 3 Disoal

MAJENE – wartaekspres.com – Rapat Koordinasi Pelaksanaan Debat Kandidat Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Majen Pilkada serentak 2015, nampaknya mengerucut kepada soal video profil Paslon No. Urut 3, yakni Muhammad Rizal Siradjuddin dan pasangannya Mulyadi Bintaha. 
Sorotan ini pertama kali diungkap salah satu Timses Paslon Bupati-Wakil Bupati, yakni Irfan Syarif. Dalam sesi tanya jawab pada Rapat Koordinasi Debat Kandidat Pilkada Majene itu, tim sukses Pasangan Fahmi-Lukman, Irfan Syarif ini menyorot, adanya video profil paslon No. 3 yang menampilkan foto Kapolres dan Bupati yang juga Ketua Golkar Majene. Hal ini dinilai berpotensi diinterpretasi negatif oleh masyarakat.

“Karena, gambar itu bisa memberikan makna atau suatu pesan, maka kami meminta agar video yang menampilkan foto Paslon No.3 dengan Kapolres dan Ketua Golkar Majene itu di-cut,” sebut Irfan Syarif.

Dalam video profil berdurasi 1 menit tersebut, telah tampak pasangan nomor urut 3 Rizal-Mulyadi bersalaman dengan Kapolres dan Bupati Majene yang juga Ketua Golkar H. Kalma Katta. Video profil ini sedianya akan diputar pada orientasi Debat Kandidat Pilkada Majene yang akan dilaksanakan tanggal hari Sabtu, 17 Oktober mendatang.

Menanggapi hal ini Kapolres Majene, AKBP Sonny Mahar Adityarwan mengatakan, bahwa dirinya sangat sepakat jika foto tersebut di-cut. Menurut Sonny dengan menampilkan video yang di dalamnya terdapat foto dirinya akan memberi kesan keberpihakan institusi Polri dalam Pilkada.

“Saya perlu pertegas, bahwa Polri netral, saya lillahi taala netral. Jadi mohon foto itu dihapus, karena masyarakat bisa saja memberikan penafsiran yang lain meskipun foto itu adalah kegiatan resmi atau kegiatan Dinas,” terang Sonny.

Di tempat yang sama, Ketua Timses Pasangan Rizal-Mulyadi, Muchtar mengatakan, foto yang ditampilkan dalam video profil paslon No. 3 itu diambil pada saat kegiatan resmi KPU dan secara kebetulan ada Kapolres dan juga Ketua DPD II Golkar Majene, H. Kalma Katta di dalamnya.

“Sebenarnya, foto ini adalah foto kegiatan KPU beberapa waktu yang lalu. Secara kebetulan saja ada pak Kapolres dan pak Bupati, jadi menurut kami ini sudah tidak ada masalah,” katanya.

Menyoal foto dalam video profil pasangan RM tersebut, pihak KPU Majene dan Panwaslu serta seluruh timses yang hadir sepakat untuk mengcutnya. Ketua KPU Majene Asmanuddin, SH.I mengaku masih punya banyak waktu untuk melakukan perbaikan video profil paslon nomor urut 3 tersebut.

Rapat Koordinasi jelang Debat Kandidat I yang akan digelar KPU Majene hari Sabtu tanggal 17 Oktober 2015 mendatang, dihadiri paslon No. Urut 1 H. Fahmi Massiara-Lukman, dan paslon No. Urut 2 H. Arifin Nurdin- Andi Irfan Sulaiman. Sedangkan paslon No. Urut 3 yakni Rizal Siradjuddin-Mulyadi Bintaha berhalangan hadir dalam acara tersebut, karena sedang tidak berada di Majene. (hm3)
Baca wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar