Selasa, 26 Januari 2016

Provinsi Papua Barat Daya Sudah Di Depan Mata



SORONG – wartaekspres.com – Papua adalah salah satu pulau terbesar dan terluas di Indonesia dan membutuhkan perluasan wilayah, sehingga rentang kendali pemerintahan dari kampung ke kota dapat efektif serta pemerataan pembangunan akan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat yang bermukim di pulau yang dikenal dengan Pulau Cenderawasih.

Dengan demikian, Pemerintah berkeinginan untuk menambah beberapa provinsi, agar rentang kendali pemerintahan dan pemerataan pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Contohnya, lahirnya Provinsi Papua Barat (dulu Provinsi Irian Jaya Barat) bersama dengan beberapa kabupaten/kota salah satunya adalah Kota Sorong.

Setelah Irian Jaya Barat (sekarang Papua Barat) dimekarkan terpisah dari Provinsi Papua bermunculan rencana pemekaran provinsi lain, seperti Provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah, namun hingga saat ini Provisni Papua Tengah menghilang ditelan bumi. Kemudian muncul Provinsi Papua Barat Daya dan kemudian direspons baik oleh pemerintah pusat, sehingga dalam waktu dekat ini akan ditetapkan oleh DPR-RI bersama dengan Provinsi Papua Selatan yang akan beribukota di Merauke.

Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papu Barat, Fredy Latumahina saat memberikan sambuatan pada acara pelantikan Ketua DPD Partai Golkar Kota Sorong mengatakan, Provinsi Papua Barat Daya sudah ada di depan mata kita, sebentar lagi DPR-RI akan mengesahkannya dalam satu undang-undang bersama dengan Provinsi Papua Selatan dengan ibukota Merauke.

Kata Latumahina, di Tanah Papua akan bertambah dua provinsi yakni Provinsi Papua Barat Daya dan Provinsi Papua Selatan dan beberapa kabupaten lain seperti di wilayah Provinsi Papua Barat akan ada pemekaran Kabupaten Maybrat Sau, Kabupaten Imekko dan Kabupaten Mala Moi.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar