Selasa, 26 Januari 2016

166.258 Mobil Honda Terjual di Tahun 2015



Meski kondisi sektor otomotif nasional masih belum maksimal, namun PT Honda Prospect Motor berhasil menjual 166.258 unit mobil Honda pada tahun 2015 kemarin.

JAKARTA – wartaekspres.com - Honda menutup tahun 2015 sebagai satu-satunya pabrikan yang mencatat pertumbuhan penjualan positif di antara 5 besar merek mobil di Indonesia. Dengan total penjualan retail mencapai 166.258 unit di sepanjang tahun 2015, penjualan Honda tumbuh sebesar 109,4% dari penjualan tahun 2014 yang tercatat sebesar 151.904 unit.

Total penjualan yang diraih Honda tersebut sekaligus tercatat sebagai rekor penjualan tahunan tertinggi yang pernah dicapai Honda di Indonesia. Tak hanya itu, Honda juga berhasil meningkatkan pangsa pasar dari 12,7% di tahun 2014 menjadi 16,1% di akhir tahun 2015.

Sampai akhir 2015 lalu, Honda menduduki posisi ketiga untuk penjualan mobil secara total di Indonesia. Sementara di segmen mobil penumpang - dimana semua produk Honda berada -  Honda kini telah menempati urutan kedua.

“Secara umum, penjualan retail otomotif di Indonesia pada tahun 2015 mengalami penurunan sebesar 13%, namun Honda berhasil mencapai peningkatan penjualan karena didukung produk-produk yang segar dan diterima baik oleh konsumen," jelas Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Secara wholesales, Honda tercatat meraih penjualan sebesar 159.253 unit di sepanjang tahun 2015, dengan pangsa pasar 15,7% dari total industri otomotif di Indonesia.

Penyumbang penjualan terbesar tahun 2015 untuk Honda datang dari Honda Mobilio yang tercatat sebanyak 48.927 unit di sepanjang tahun, dengan market share sebesar 18% di segmen LMPV. Hingga akhir Desember lalu, Honda Mobilio menempati posisi kedua di segmen LMPV.

Honda HR-V berhasil mencatat angka penjualan yang baik sepanjang tahun 2015 lalu dengan total penjualan 36.425 unit di seluruh Indonesia. Penjualan tertinggi berikutnya diraih Honda Brio Satya dengan total penjualan 31.672 unit dengan pangsa pasar 19% di segmen LCGC. Penjualan Honda Brio Satya meningkat 23% dibanding dengan total penjualan tahun 2014. 

Sementara di segmen City Car, New Honda Brio menyumbangkan penjualan sebesar 11.754 unit sepanjang tahun 2015 lalu. New Honda Brio meraih pangsa pasar 33% dan sekaligus menjadi market leader di segmen City Car.

Honda Jazz juga menunjukkan penjualan yang konsisten hingga menjadi market leader di segmen Hatchback. Di sepanjang tahun 2015, Honda Jazz mencatat angka penjualan sebesar 19.005 unit dan memperoleh pangsa pasar sebesar 40% di kelasnya.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar