Selasa, 26 Januari 2016

Penadaran, Desa Yang Selalu Menjaga Kerukunan Ummat Beragama Dengan Baik



GROBOGAN – wartaekspres.com - Meskipun di daerah lain banyak insiden masalah tentang agama, tapi kerukunan umat beragama di Desa Penadaran, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, yang masyarakatnya menganut  Islam, Kristen, dan Katholik kehidupannya terlaksana dengan baik dan harmonis.

Desa yang berada paling ujung timur, sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Gubug tersebut, mempunyai jumlah penduduk 4.072 jiwa, masyarakatnya selalu menjaga toleransi tinggi, saling menghargai, dan saling bergotong-royong, setiap ada kegiatan apapun, itu diperlihatkan saat salah satu agama mengadakan perayaan besar, selalu bersama-sama untuk membantu.

Menurut Kepala Desa, Siswanto, kepada wartaekspres.com mengatakan, bahwa hal itu, dikarenakan adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antar pemuka agama yang ada di desa sini, serta antar ummat beragama sendiri, sehingga harmonisasi antar umat beragama berjalan dengan baik.

“Saya  selaku Kepala Desa, selalu berupaya dan mendorong pembinaan antar umat beragama, di antaranya dengan mengintensifkan fungsi dan peran Forum Antar Ummat Beragama (FKUB) yang ada. Jika ada suatu persoalan mengenai masalah keagamaan dapat dicari solusi secara bersama-sama, sehingga tidak sampai menjadi persoalan yang membesar,” jelasnya saat ditemui di rumahnya, Sabtu, (23/1/2016).

Lanjutnya lagi, kehidupan antar umat beragama yang berada di Desa Penadaran ini, sudah sejak dulu terjalin, terkadang saya dan warga mengadakan aktivitas sosial yang dilakukan bersama-sama baik yang muslim maupun non muslim, meskipun, mayoritas warga Desa Penadaran adalah muslim akan tetapi tidak menjadi kendala umat agama lain dalam menjalankan aktivitas ibadahnya.

Baca selengkapnya di www.wartaekspres.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar