Senin, 22 Agustus 2016

Karnaval Tradisional Hebohkan Masyarakat Jember



JEMBER – wartaekspres.com - Event karnaval tradisional yang digelar beberapa waktu lalu sempat menghebohkan masyarakat Kabupaten Jember. Sebab karnaval untuk tahun ini berbeda dengan karnaval tahun lalu. Kalau tahun-tahun sebelumnya Pemkab Jember hanya menyuguhkan fashion yang belum mengedepankan kebudayaan lokal, namun tahun ini karnaval mengedepankan seni budaya tradisional Kabupaten Jember yang dikenal dengan Kebudayaan Pendalungan,
Salah satu pengunjung karnaval tradisional, Bambang Darmawan yang berdomisili Mangli mengatakan, "saya sangat senang kalau karnaval seperti ini (tradisional) diselenggarakan lagi agar generasi muda Jember dan mencintai seni budaya tradisional," ungkapnya.
Seni budaya tradisional memang perlu dilestarikan, sebab seni budaya tradisional merupakan salah satu kekayaan Bangsa Indonesia yang diakui oleh dunia.
Hal senada juga dilontarkan pengunjung lain, Alexs yang berdomisili Surabaya, bahwa seni budaya tradisional adalah warisan nenek moyang kita, jadi dengan adanya event karnaval tradisional saya generasi muda Indonesia bisa terangsang untuk mencintai budayanya sendiri, katanya.
Memang budaya tradisional merupakan identitas Bangsa Indonesia yang kelestariannya patut kita jaga. Tapi bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja untuk menjaga kelestarian seni budaya tradisional, melaikan tanggung jawab kita semua sebagai masyarakat Indonesia. (Joko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar