Meski kondisi sektor otomotif
nasional masih belum maksimal, namun PT Honda Prospect Motor berhasil menjual
166.258 unit mobil Honda pada tahun 2015 kemarin.
JAKARTA – wartaekspres.com - Honda
menutup tahun 2015 sebagai satu-satunya pabrikan yang mencatat pertumbuhan
penjualan positif di antara 5 besar merek mobil di Indonesia. Dengan total
penjualan retail mencapai 166.258 unit di sepanjang tahun 2015, penjualan Honda
tumbuh sebesar 109,4% dari penjualan tahun 2014 yang tercatat sebesar 151.904
unit.
Total penjualan yang diraih Honda
tersebut sekaligus tercatat sebagai rekor penjualan tahunan tertinggi yang
pernah dicapai Honda di Indonesia. Tak hanya itu, Honda juga berhasil
meningkatkan pangsa pasar dari 12,7% di tahun 2014 menjadi 16,1% di akhir tahun
2015.
Sampai akhir 2015 lalu, Honda
menduduki posisi ketiga untuk penjualan mobil secara total di Indonesia.
Sementara di segmen mobil penumpang - dimana semua produk Honda berada -
Honda kini telah menempati urutan kedua.
“Secara umum, penjualan retail
otomotif di Indonesia pada tahun 2015 mengalami penurunan sebesar 13%, namun
Honda berhasil mencapai peningkatan penjualan karena didukung produk-produk
yang segar dan diterima baik oleh konsumen," jelas Jonfis Fandy, Marketing
& Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor.
Secara wholesales, Honda tercatat
meraih penjualan sebesar 159.253 unit di sepanjang tahun 2015, dengan pangsa
pasar 15,7% dari total industri otomotif di Indonesia.
Penyumbang penjualan terbesar tahun
2015 untuk Honda datang dari Honda Mobilio yang tercatat sebanyak 48.927 unit
di sepanjang tahun, dengan market share sebesar 18% di segmen LMPV. Hingga
akhir Desember lalu, Honda Mobilio menempati posisi kedua di segmen LMPV.
Honda HR-V berhasil mencatat angka
penjualan yang baik sepanjang tahun 2015 lalu dengan total penjualan 36.425
unit di seluruh Indonesia. Penjualan tertinggi berikutnya diraih Honda Brio
Satya dengan total penjualan 31.672 unit dengan pangsa pasar 19% di segmen LCGC.
Penjualan Honda Brio Satya meningkat 23% dibanding dengan total penjualan tahun
2014.
Sementara di segmen City Car, New
Honda Brio menyumbangkan penjualan sebesar 11.754 unit sepanjang tahun 2015
lalu. New Honda Brio meraih pangsa pasar 33% dan sekaligus menjadi market
leader di segmen City Car.
Honda Jazz juga menunjukkan
penjualan yang konsisten hingga menjadi market leader di segmen Hatchback. Di
sepanjang tahun 2015, Honda Jazz mencatat angka penjualan sebesar 19.005 unit
dan memperoleh pangsa pasar sebesar 40% di kelasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar